Bunda, Ini Cara yang Tepat Memberi Susu Formula pada Anak

Vidoran Xmart adalah salah satu pilihan susu formula terbaik untuk si kecil. Susu formula menjadi salah satu sumber nutrisi yang akan melengkapi kebutuhan nutrisi si kecil. Pemberian susu formula juga harus dilakukan dengan cara yang benar. Berikut adalah cara pemberian susu formula untuk anak yang tepat.

  1. Bersihkan Botol dengan Benar

Pastikan Anda menggunakan botol susu yang bersih. Cara membersihkan botol susu juga harus diperhatikan. Anda tentu tidak ingin anak Anda sakit karena minum susu dari botol yang tidak bersih. Jadi, cuci botol susu dengan benar sebelum disimpan dan digunakan kembali.

Anda bisa mencuci botol dengan sabun khusus di bawah air mengalir. Kemudian, sterilkan botol susu menggunakan alat sterilisasi atau memakai air yang sudah mendidih.

  1. Pakai Air Hangat

Gunakan air hangat untuk menyeduh susu formula. Jangan memakai air mendidih karena bisa merusak kandungan nutrisi pada susu formula. Suhu air yang disarankan untuk menyeduh susu formula adalah 70°C.

Suhu air yang hangat ini akan membantu membunuh bakteri yang mungkin ada di susu formula. Jika bakteri masih ada di dalam susu, maka bisa menyebabkan infeksi atau penyakit pada anak Anda.

  1. Penuhi Aturan Penyajian

Perhatikan aturan penyajian pada kemasan susu sebelum menyeduhnya. Biasanya ada aturan berapa takaran susu bubuk dan air yang pas. Jangan memasukkan susu bubuk terlebih dahulu, namun masukkan susu bubuk pada air hangat baru diaduk atau dikocok sampai rata.

  1. Dinginkan dengan Cara yang Tepat

Jika susu dirasa terlalu panas, maka Anda perlu mendinginkannya terlebih dahulu sebelum diberikan kepada si kecil. Cara mendinginkan susu juga harus diperhatikan. Anda bisa merendam botol susu di wadah yang sudah diisi air bersuhu normal.

Periksa kembali suhu susu sebelum diberikan agar si kecil bisa minum susu dengan nyaman. Pastikan susu tidak terlalu panas dan tidak dingin sehingga terasa nyaman saat masuk ke perut si kecil.

  1. Berikan Susu di Waktu yang Tepat

Pemberian susu juga harus dilakukan di waktu yang tepat. Hindari memberikan susu berdekatan dengan jam makan si kecil. Hal ini bisa menyebabkan si kecil malas makan karena sudah kenyang susu. Anda juga tidak disarankan memberi susu saat si kecil merasa kenyang karena bisa membuat ia muntah.

Selain itu susu tidak boleh dibiarkan terlalu lama setelah selesai dibuat. Anda harus memberikan susu segera setelah diseduh. Jangan memberikan susu jika susu sudah diseduh lebih dari dua jam. Usahakan susu segera dihabiskan secepat mungkin setelah diseduh.

Itulah tadi cara menyajikan susu formula yang baik dan benar. Pastikan Anda mengikuti cara yang tepat agar kandungan susu formula tidak rusak. Selain itu, pilih susu formula yang tepat yaitu Vidoran Xmart untuk memenuhi kebutuhan nutrisi si kecil.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *