5 Cara Mengatasi Anak Susah Makan Sayur

Sayur merupakan salah satu jenis makanan yang kaya akan gizi. Rasa hambar yang alami pada sayur membuat anak-anak susah untuk memakannya. Jika orang tua salah dalam penyajiannya, anak menjadi semakin tidak berselera untuk memakan sayur bahkan mual. Maka dari itu, orang tua perlu mempelajari caranya. Berikut ini cara mengatasi anak susah makan sayur!

  1. Membuat Resep Masakan Sayur Lezat

Cara membuat anak mudah makan sayur, yang pertama dengan teknik penyajiannya. Buat cita rasa sayur yang kuat agar lebih merangsang nafsu makan anak. Hal ini akan mengubah mindset anak tentang sayur yang hambar dan membosankan menjadi masakan lezat. Misalnya membuat masakan sayur dengan bumbu yang kental dengan cara menambahkan aneka rempah-rempah.

  1. Menyajikan Sayur dalam Menu Makan Keluarga

Sajikan sayur pada setiap menu masakan di keluarga. Meski kemungkinan kecil untuk dicoba sang anak, namun jika selalu disediakan dapat dimungkinkan anak akan mencobanya. Caranya dengan menyiapkan menu sayur yang sama untuk beberapa hari ke depan. Setelah itu, mengganti jenis sayur untuk hari selanjutnya hingga menemukan sayur yang disukai anak.

  1. Terus Mencoba Membujuk

Membujuk berbeda dengan memaksa, karena membujuk di sini tetap menyediakan dan menawarkan sayur setiap harinya. Memang akan sulit pada awalnya jika bujukannya selalu ditolak anak. Namun jika dicoba berkali-kali masih ada kemungkinan berhasil daripada tidak dicoba. Tetap mencoba meski anak hanya memakannya dengan porsi sedikit pada awalnya.

  1. Jangan Memaksa Anak

Kebanyakan anak akan semakin menjauh jika semakin didorong untuk melakukan sesuatu. Sama halnya seperti dipaksa untuk makan sayur, anak akan menjadi kesal dan memutuskan untuk tidak akan pernah mencobanya. Seorang ibu tidak perlu mengomel, menyuapi paksa agar anak mau makan sayur. Perlu adanya pendekatan dengan negosiasi dan biarkan perlahan-lahan.

Memaksa anak terlalu keras agar mau makan sayur akan membuat anak membenci makanan tersebut. Biarkan anak memutuskan sendiri apa yang menurutnya ia suka untuk dimakan. Orang tua hanya perlu membujuk seperlunya dan menyediakan menu bervariasi setiap harinya agar anak dapat memilih menu yang disuka. Cara seperti ini dapat membuat anak menyukai sayur.

  1. Memberikan Contoh Makan Sayur

Jika orang tua tidak suka makan sayur, bagaimana bisa memaksa anaknya untuk menyukai sayur. Orang tua juga harus memperbaiki cara makannya agar dapat menjadi contoh bagi anaknya. Orang tua bisa mempraktikkan bagaimana hubungannya dengan makanan sayur. Apakah rutin setiap hari ataukah hanya saat-saat tertentu, hal ini juga akan dicontoh anak.

Itulah beberapa cara mengatasi anak susah makan sayur. Banyak cara lainnya  yang  bisa orang tua coba seperti mencampurkan sedikit potongan sayur pada makanan anak. Anak mungkin akan menyingkirkannya namun jika anak baru  mencoba dan rasanya pas, ia akan memakan semuanya.