Cara Menurunkan Kolesterol Saat Puasa

Saat berpuasa, tubuh akan merasa lemas karena kekurangan nutrisi. Tak jarang, saat waktu berbuka telah datang, segala makanan dikonsumsi. Tentu hal ini berbahaya bagi Anda yang memiliki kolesterol tinggi. Berikut ini ada beberapa cara menurunkan kolesterol saat puasa agar Anda bisa menikmati makanan.

1. Perbanyak Sayur dan Buah

Apabila Anda memiliki kadar kolesterol jahat yang tinggi, Anda harus bisa menjaga pola makan. Lebih baik memperbanyak mengonsumsi sayur dan buah. Terutama sayur dan buah yang bisa menurunkan kadar kolesterol tinggi dengan ampuh. Misalnya saja buah pisang, buah pepaya, buah apel, buah alpukat, sayur pare, tambahkan juga mentimun sebagai pelengkap makanan.

Hal ini dikarenakan kandungan nutrisi seperti serat dalam sayur dan buah dapat membantu tubuh untuk menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah. Usahakan Anda mengonsumsi buah dan sayur setiap harinya. Dengan begitu Anda bisa menurunkan kadar kolesterol setidaknya 500 gram setiap hari.

2. Hindari Makanan Berlemak

Saat berbuka puasa, nafsu makan menjadi lebih membuncah. Segala makanan yang tersaji termasuk makanan yang mengandung lemak seperti gorengan dapat Anda lahap seketika. Sekalipun enak, berusahalah untuk menghindari makanan-makanan yang berlemak dan berminyak.

Sebagai alternatif makanan lainnya, Anda bisa memilih makanan yang direbus atau dikukus. Misalnya saja telur rebus, daging ayam rendah lemak, kacang-kacangan, tahu dan tempe yang juga dikukus. Selain aman bagi perut yang mengandung banyak asam, makanan ini lebih aman untuk peredaran darah.

3. Perhatikan Berat Badan

Apabila hendak berbuka puasa, upayakan Anda minum air putih dan kurma sebagai pembuka. Jika sudah, maka Anda bisa melakukan ibadah. Setelah itu, Anda bisa mulai makan. Perhatikan juga kadar nasi yang Anda makan. Jangan berlebihan. Upayakan lebih banyak pada lauk dan sayur mayur.

Apabila hendak tidur, upayakan jangan makan makanan yang berat lagi. Misalnya nasi dan lauk. Sebagai gantinya, Anda bisa lebih banyak mengonsumsi buah-buahan. Misalnya pisang, alpukat, ataupun pepaya. Jangan lupa juga untuk memperbanyak air mineral. Nutrisi air ini bisa membantu Anda dari dehidrasi selama berpuasa.

4. Perbanyak Kandungan Serat Larut

Makanan dan minuman yang mengandung serat larut dapat membantu Anda dalam menurunkan kolesterol. Jenis makanan itu bisa Anda temukan dalam buah seperti alpukat, pir, apel. Selain itu, Anda juga bisa menemukannya dalam kacang merah, gandum, ubi.

Bisa juga Anda mengonsumsi minuman yang lebih banyak mengandung vitamin B1 dan vitamin B2. Pasalnya, vitamin ini juga dapat membantu tubuh Anda dalam pembakaran kolesterol dan mengubahnya menjadi energi.

5. Jaga Pola Tidur

Pada saat momen berpuasa, usahakan jangan begadang terlalu lama. Minimal beri waktu 2 jam setelah makan malam dan makan makanan penutup, Anda harus tidur. Hal ini ditujukan agar Anda bisa bangun tengah malam dengan baik. Selain itu, Anda juga bisa menyiapkan makanan terbaik pilihan Anda untuk menurunkan kolesterol.

Demikian beberapa cara menurunkan kolesterol saat puasa yang bisa Anda terapkan. Sesuaikan saja dengan kebutuhan dan kegiatan Anda sehari-hari agar hasilnya lebih maksimal. Bila perlu, Anda juga bisa mengkonsultasikan dengan tenaga medis terdekat Anda.