6 Tanda Sudah Saatnya Harus Ganti Oli Mobil

Biasanya pemilik mobil akan ganti oli mesin mobil setelah mobil menempuh hingga jarak tempuh tertentu yang tercatat di kartu ganti oli mobil tidak mempertimbangkan faktor-faktor lainnya. Padahal banyak faktor yang mempengaruhi kapan oli mobil harus diganti terutama apabila mobil sering digunakan untuk melewati jalanan yang menanjak, bebatuan, dan juga macet.

Mobil yang melewati jalan yang tidak normal memiliki penggantian oli mesin yang lebih cepat dibandingkan mobil yang melewati jalanan normal. Jadi, kerusakan oli mobilĀ  dipengaruhi oleh running engine hours atau lamanya mesin beroperasi.

Tanda Oli Mobil Harus Diganti

Apabila berdasarkan buku manual, oli mobil dianjurkan untuk diganti setiap 6 bulan sekali atau setiap menempuh jarak 10.000 km. Namun itu jika menggunakan jenis oli full sintetik. Apabila mobil menggunakan oli dengan campuran mineral yang banyak maka disarankan untuk menggantinya setiap 5.000 km.

Jarak penggantian tersebut diasumsikan jika mobil digunakan secara normal misalnya tidak sering melintasi jalan tanjakan, tidak mengendarai mobil dengan kecepatan yang terlalu tinggi, tidak sering melintasi jalanan bebatuan atau tidak rata, dan tidak sering melintasi jalanan yang macet. Mobil juga sebaiknya tidak dipaksa untuk bekerja berat agar penggantian oli tidak terlalu cepat.

Karena hal ini banyak yang bingung kapan oli mesin mobil harus diganti agar tidak menyebabkan kerusakan komponen yang dapat mengakibatkan penurunan performa mesin mobil. Untuk memudahkan anda, berikut terdapat tanda-tanda yang menunjukkan oli mobil harus segera diganti.

  1. Kualitas oli menurun

Oli mesin mobil memiliki kualitasnya masing-masing di mana warna oli jernih, licin dan lengket saat dipegang. Apabila oli sudah digunakan dengan jarak hingga berkilo-kilo meter maka oli akan berfungsi sebagai pelumas mengakibatkan perubahan warna oli menjadi coklat kehitam-hitaman.

Maka dari itu oli mobil akan tampak lebih keruh dan fungsinya dalam melumasi mesin mobil juga akan menurun. Maka dari itu oli mesin yang sudah berwarna keruh apalagi hingga berwarna hitam pekat maka harus segera diganti.

  1. Akselerasi mesin lebih berat

Karena kualitas oli yang menurun maka tidak dapat melumasi mesin dengan baik sehingga gesekan antar komponen mesin akan lebih tinggi. Apabila gesekan ini terjadi terus menerus maka dapat menyebabkan penurunan performa mesin mobil. Hal ini juga dapat menyebabkan akselerasi mobil menjadi lebih berat dan tentu akan membuat pengemudi menjadi tidak nyaman.

  1. Getaran mesin tinggi

Bukan hanya akselerasi mesin yang terasa berat namun getaran mesin yang dihasilkan juga akan terasa lebih tinggi. Hal ini akan lebih terasa pada saat kondisi putaran idle.

  1. Suara mesin kasar

Mesin kendaraan memang biasanya akan menghasilkan suara namun dari suara inilah dapat digunakan untuk mendeteksi kondisi oli mesin apakah sudah tua dan saatnya harus diganti. Apabila oli sudah lama tidak diganti maka suara mesin akan terdengar lebih berisik dan kasar tidak seperti biasanya.

  1. Lihat stick level oli mesin kendaraan

Sebelum melakukan pengecekan permukaan oli mesin maka sebaiknya untuk memastikan kondisi mesin sudah dingin terlebih dahulu. Apabila pengecekan dilakukan saat dalam kondisi panas, permukaan oli akan lebih tinggi dan terjadi pemuaian oli mesin sehingga hasilnya menjadi tidak akurat.

Apabila permukaan oli berada di bawah batas standar, oli bisa ditambahkan hingga batas yang telah ditentukan. Sebaiknya oli tidak diisi terlalu penuh melebihi batas maksimal karena dapat terjadi pemuaian dan meluber keluar mengakibatkan performa mesin menjadi turun dan dapat memperlambat putaran mesin.

  1. Perhatikan lama waktu pakai oli

Setelah mengganti oli, sebaiknya catat kapan oli mesin mobil diganti baik untuk tanggal dan juga kilometernya. Apabila mobil sering dipakai sebaiknya oli mobil diganti tidak lebih dari 6 bulan sekali meskipun belum menempuh jarak hingga 5.000 km.

Oli kendaraan baik itu mobil ataupun motor memiliki peranan yang sangat penting untuk menjaga performa mesin. Pastikan untuk selalu mengganti oli mesin mobil anda tepat waktu. Apabila tidak memiliki waktu untuk membawa mobil ke bengkel, anda bisa memanggil Montir.id untuk ganti oli mobil mobil anda dengan cepat dan mudah.