Alternatif Susu Untuk Anak Alergi Susu Sapi

Alergi susu sapi memang sering terjadi pada anak-anak namun seiring bertambahnya usia, alergi tersebut dapat hilang dengan sendirinya namun ada juga yang menetap. Anak yang mendapatkan ASI yang cukup biasanya memiliki risiko alergi susu sapi lebih rendah dibandingkan yang mengonsumsi susu formula. Karena anak membutuhkan susu untuk memenuhi kebutuhan nutrisinya, terdapat susu untuk anak alergi susu sapi.

Susu Pengganti Susu Sapi

Apabila bayi didiagnosis mengalami alergi susu sapi, ibu tidak perlu berhenti menyusui karena alergi akan hilang dengan menghindari produk susu yang terbuat dari bahan utama susu sapi. ASI juga merupakan alternatif terbaik bagi bayi yang alergi susu sapi dan juga mampu meningkatkan sistem imun tubuh si kecil.

Namun karena tidak semua ibu dapat memberikan ASI maka dapat menggantinya dengan susu formula lain yang tidak mengandung susu sapi yaitu :

  1. Formula hidrolisis

Formula ini masih mengandung susu sapi hanya saja proteinnya sudah dipecah sehingga tubuh tidak mengenali bahwa partikel kecil tersebut merupakan protein susu sapi sehingga lebih mudah dicerna dan meminimalkan reaksi alergi. Terdapat dua jenis susu formula hidrolisis yaitu hidrolisis sebagian atau seluruhnya. Ada yang memilih formula hidrolisis seluruhnya karena dianggap lebih aman.

  1. Formula soya

Susu dengan formula soya menjadi pilihan yang tepat sebagai susu untuk anak alergi susu sapi karena banyak yang cocok dengan susu soya sebagai pengganti susu sapi. Saat ini juga sudah banyak produk susu formula berbasis protein kedelai ini sehingga membantu mengurangi gejala alergi susu sapi pada anak-anak.

Namun susu soya tidak disarankan untuk bayi di bawah umur 6 bulan karena penyerapan protein kedelai yang masih belum sempurna. Ibu bisa memilih susu soya dari Nutriclub yaitu Nutrilon Soya yang mengandung berbagai vitamin dan mineral untuk memenuhi kebutuhan gizi dan nutrisi si kecil sebagai pengganti susu sapi.

  1. Formula asam amino

Asam amino merupakan penguraian dari protein dan tidak mengandung alergen sehingga aman untuk anak yang alergi susu sapi. Formula asam amino biasanya menjadi pilihan apabila anak tidak cocok dengan formula hidrolisis karena reaksi alergi tetap muncul dan malah mengalami penurunan berat badan.

Formula asam amino biasanya disarankan untuk yang memiliki alergi parah seperti gastro intestinal berat, Heiner Syndromme, riwayat anafilaksis, Eosinphilic Eosophagitis atau masalah pertumbuhan. Dokter juga akan menyarankan formula asam amino apabila anak tidak memberikan respon terhadap formula eHF. Formula asam amino juga digunakan bagi bayi yang alergi protein susu sapi dan protein kedelai.

inilah beberapa pengganti susu untuk anak alergi susu sapi. Beberapa anak memang bisa langsung cocok menggunakan pengganti susu sapi di atas terutama susu soya. Namun ibu sebaiknya berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu untuk keamanan si kecil.