Tips Memberi Makanan Sehat untuk Kucing

Pemberian makanan pada kucing memang terlihat sederhana namun sebenarnya tidak boleh diabaikan. Jika Anda ingin hewan lucu ini tumbuh sehat dan menggemaskan maka pemberian makanan harus dilakukan dengan tepat. Berikut adalah beberapa tips memberi makanan sehat untuk kucing.

  1. Jaga Kebersihan

Penting sekali untuk menjaga kebersihan wadah pakan si kucing. Sajikan makanan di dalam wadah yang bersih. Letakkan wadah pakan di lokasi yang bersih agar si kucing bisa makan dengan nyaman.

Menjaga kebersihan lingkungan dan makanan kucing akan membantu menjaganya tetap sehat. Cucilah wadah pakan secara rutin agar selalu bersih saat digunakan.

  1. Perhatikan Frekuensi Makan

Pada umumnya kucing dewasa cukup diberi makan sebanyak dua kali dalam sehari. Sementara itu kucing yang lebih muda atau masih anak-anak bisa diberikan makanan dengan frekuensi yang lebih sering.

Ada baiknya Anda membuat jadwal makan untuk si kucing. Jadwal makan ini akan membuat kucing menjadi makan secara teratur. Anda bisa memberinya makanan setiap pagi dan sore serta menambahkan camilan di sela-sela waktu makan utama.

  1. Berikan Porsi yang Cukup

Selain memperhatikan frekuensi makan, Anda juga harus mengatur porsi makan si kucing. Porsi makan yang terlalu sedikit bisa menyebabkan si kucing tidak cukup mendapatkan energi dan nutrisi. Sebaliknya, porsi makan yang terlalu banyak juga bisa berdampak buruk karena akan menyebabkan obesitas.

  1. Pilih Makanan Penuh Nutrisi

Ada banyak sekali produk makanan kucing yang bisa Anda berikan. Pilihlah jenis makanan yang paling tepat dengan kandungan nutrisi yang lengkap. Kucing juga membutuhkan asupan gizi yang cukup agar bisa tumbuh dengan sehat. Sudah menjadi kewajiban bagi Anda untuk memenuhi kebutuhan nutrisi kucing tersayang.

Perlu diketahui bahwa kucing membutuhkan banyak asupan protein. Pilih makanan yang kandungan proteinnya tinggi. Hindari jenis makanan yang mengandung bahan pengawet berbahaya.

  1. Campurkan Makanan Kering dan Basah

Penggunaan makanan kucing kering dan basah bisa dikombinasikan untuk memenuhi kebutuhan nutrisi bagi tubuh kucing. Sesekali Anda bisa mencampurkan makanan kering dan basah. Makanan kering diketahui lebih banyak mengandung kalori dan makanan basah punya banyak kandungan cairan.

  1. Sediakan Minum

Jangan lupa, selalu sediakan minum di dekat si kucing saat ia sedang makan. Tempatkan air minum di wadah yang bersih dan hindari memberikan susu yang Anda konsumsi sebagai minum untuk kucing. Susu tersebut mengandung laktosa yang tidak bisa diterima oleh tubuh kucing.

Jika ingin memberikan susu, pilihlah susu khusus kucing yang memang kandungannya tepat. Sudah ada banyak produk susu kucing yang bisa Anda temukan di pet shop.

Itulah tadi beberapa cara memberikan makanan sehat untuk kucing. Pemberian makanan yang tepat dan sehat pasti akan membuat kucing tumbuh dengan baik. Biasakan juga kucing untuk makan dengan teratur agar mereka tidak nakal mencuri makan pemiliknya.