Tips Mengetahui Perkembangan Janin Sehat atau Tidak

Memastikan apabila perkembangan janin berjalan dengan semestinya memang sangat wajib untuk dilakukan oleh setiap ibu hamil. Hal ini bertujuan untuk mengetahui apakah janin yang anda kandung tersebut tumbuh seperti selayaknya ataukah tidak. Tidak heran, apabila ibu hamil sangat disarankan untuk mengkonsumsi nutrisi yang bagus untuk ibu hamil.

Seperti yang kita ketahui, memperoleh kehamilan memang menjadi keinginan bagi semua wanita yang sudah menikah. Untuk itulah, sebagai orang tua yang baik, anda memang diwajibkan untuk mengetahui bagaimanakah perkembangan dari janin yang ada di dalam tubuh anda tersebut. Untuk anda yang ingin melihat bagaimana perkembangan janin, berikut ini beberapa cara yang bisa anda gunakan.

Tips mengetahui perkembangan janin anda

  1. Anda sering mengalami morning sickness

Morning sickness atau mual pada pagi hari memang menjadi salah satu hal lumrah yang terjadi pada ibu hamil. Morning sickness ini sendiri ternyata juga bisa anda jadikan sebagai patokan apabila janin anda tengah mengalami perkembangan yang sehat.

Mual pada pagi hari ini sendiri ternyata diakibatkan karena adanya peningkatan hormone HCG dimana adanya pertumbuhan maupun perkembangan janin pada masa kehamilan tersebut. Tetapi, apabila morning sickness anda terjadi secara berlebihan maka anda wajib untuk memeriksakannya pada dokter.

  1. Perut ibu yang semakin menunjukkan ukuran besar

Adanya pertambahan usia kehamilan tentu akan membuat berat badan maupun panjang janin anda akan semakin bertambah bukan? secara langsung ini juga akan menyebabkan ukuran perut anda berubah. Perubahan perut ibu hamil ini sendiri biasanya akan mengalami perubahan yang signifikan pada usia ke kehamilan 15 minggu.

Jika ibu hamil tidak merasakan adanya perubahan perut maupun lingkar pinggang secara signifikan maka sebaiknya anda bisa segera memeriksakannya ke dokter. Dari sinilah, nantinya anda akan segera mendapatkan solusi untuk masalah anda.

  1. Berat badan yang semakin bertambah

Tidak hanya ukuran perut anda yang semakin besar, berat badan yang anda miliki pun ternyata juga akan bertambah loh. Berat badan ini sendiri biasanya sesuai dengan perkembangan maupun pertumbuhan janin yang terdapat di dalam kandungan.

Berat badan ibu hamil yang semakin bertambah tersebut ternyata disebabkan karena janin yang juga terus mengalami pertumbuhan berat. Selain itu, air ketuban sendiri juga akan bertambah sesuai dengan perkembangan janin anda tersebut. Ini bisa menunjukkan jika kondisi janin anda sehat.

  1. Tidak mengalami adanya pendarahan

Adapun ciri lainnya dari perkembangan janin yang sehat adalah ibu hamil tidak mengalami adanya pendarahan selama masa kehamilan. Pendarahan pada usia hamil muda sendiri bisa menjadi pertanda apabila anda keguguran. Selain itu, bayi anda pun juga menunjukkan adanya gerakan-gerakan di dalamnya.

Demikian tips mengetahui bagaimana perkembangan janin anda sehat ataukah tidak. Selama masa mengandung, anda sebaiknya juga rajin untuk memeriksakan ke dokter.